5.11.2015

PERBANDINGAN AUGMENTED REALITY DAN VIRTUAL REALITY

Sebelum memulai untuk memaparkan beberapa pengertian serta perbedaan Augmented Reality dan Virtual Reality ada baiknya jika kita mengerti apa itu kedua istilah tersebut, istilah tersebut adalah sebuah teknik dalam pembuatan sebuah aplikasi yang membuat seolah olah kita berada dalam aplikasi tersebut dan terasa nyata. untuk lebih detailnya mari kita lihat pemaparan berikut

Pengertian Virtual Reality

Menurut situs id.wikipedia.org Virtual Reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

Kekurangan dari Virtual Reality

Orang mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat mereka berinteraksi dengan dunia buatan, bukannya dunia nyata dengan orang sungguhan. Akhirnya, virtual reality dapat meningkatkan pengangguran, lebih sedikit orang yang diperlukan untuk merancang proyek-proyek .

Kelebihan dari Virtual Reality

- Banyak sekali keuntungan menggunakan virtual reality pekerjaan yang dari susah dapat di jadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang sesuatu bangunan seperti gedung , hotel dan rancangan denah rumah.

- Melakukan beberapa latihan yang rumit seperti latihan menerbangkan pesawat bisa kita lakukan dengan stimulator.

- Dan game” virtual reality bisa dijadikan pelarian bagi beberapa orang yang sudah penat dengan masalah di dunia realitas , misal seperti Second Life, the sims , dan fable

Pengertian Augmented Reality

Menurut situs id.wikipedia.org Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Keunggulan Augmented Reality

Kelebihan utama augmented reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah sehingga augmented reality merebak secara cepat di berbagai bidang. Kelebihan lain dari augmented reality yaitu dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media.

Kekurangan Augmented Reality

Salah satu kesulitan utama dalam mengembangkan aplikasi Augmented reality adalah masalah pelacakan sudut pandang pengguna. Untuk mengetahui dari sudut pandang apa yang menarik citra virtual, aplikasi harus tahu dimana pengguna mencari dunia nyata.

sekian pemaparan saya tentang Virtual Reality dan Augmented Reality, jika ada kesalahan penulisan mohon dimaafkan karena penulis juga masih pemula.

0 komentar:

Posting Komentar