4.30.2013

Perbedaan antara IBD dan IPS?

Pada posting kali ini saya akan mencoba memaparkan sedikit penjelasan tentang perbedaan ilmu budaya dasar atau IBD dengan ilmu pengetahuan sosial atau disingkat IPS sedikitnya dari nama saja sudah dapat diketahui sedikit perbedaanya, untuk lebih jelasnya simak postingan kali ini..

Ilmu budaya dasar atau disingkat IBD adalah ilmu tingkatan lanjut yang mempelajari secara khusus tentang budaya dan kebudayaan seperti hubungan antara manusia dengan budaya, dan asal mula terciptanya kebudayaan serta macam macam kebudayaan yang ada pada manusia, seperti yang tadi dijelaskan, ilmu budaya dasar adalah ilmu tingkatan lanjut, oleh karena itu IBD diajarkan pada tingkat perguruan tinggi atau perkuliahan.

Sedangkan Ilmu pengetahuan sosial atau disingkat IPS adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial dan hubungan manusia dengan lingkungan sosial disekitarnya, mencakup area yang luas karena tiap divisi memiliki cabang tersendiri, seperti ekonomi memiliki cabang akuntansi dan sebagainya, ilmu ini dapat kita temukan di tingkatan sekolah seperti SD SMP SMA.

meskipun memiliki perbedaan yang cukup spesifik, kedua ilmu tersebut memiliki persamaan pula yang cukup banyak dimana diantaranya adalah IBD dan IPS mempelajari tentang kehidupan sehari-hari di lingkungan sosial. IBD dan IPS sama-sama dipelajari untuk membentuk kepribadian diri. IBD dan IPS bukanlah ilmu pasti seperti IPA. IBD dan IPS merupakan ilmu pengetahuan yang dipelajari berdasarkan kehidupan nyata di lingkungan sosial

sekian pemaparan tentang kedua ilmu tersebut, semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar