12.31.2014

RESENSI BUKU

KISAH MANAJERIAL BOSS RED DEVIL



  • Judul Buku                         : Alex Ferguson, Autobiografi Saya
    Penulis                                 : Sir Alex Ferguson
    Alih Bahasa                        : Zia Anshor
    Penerbit                               : Gramedia Pustaka Utama
    Tebal                                   : 438 halaman
    Harga                                  : Rp 125.000,00
    Tahun terbit                       : Maret 2014
    ISBN                                    : 978-602-03-0366-6

    TENTANG PENULIS

    Sir Alex Ferguson, lahir pada 1941 di Govan, Skotlandia. Dia menjadi manajer klub sepak bola sejak 1974, pertama-tama di East Stirlingshire dan St Mirren, sebelum kemudian membawa Aberdeen menjadi juala Piala Winners Eropa 1982-83. Dia menjadi manajer Manchester United sejak 1986 dan mempersembahkan 38 gelar juara, termasuk Piala Dunia Klub, 2 kali juara Liga Champions, 13 kali juara Liga Premier, dan 5 Piala FA. Dengan 49 gelar juara yang diraihnya, dia menjadi manajer sepak bola Britania paling sukses sepanjang masa
    ***
    Bagi saya buku ini begitu luar biasa, mengapa? Karena buku ini berisikan sebuah cerita nyata perjalanan hidup dari seorang legenda dalam dunia persepakbola-an yang dirangkum secara detail dalam sebuah autobiografi. Dalam buku ini terdapat banyak momen momen yang bersejarah tentang Sir alex ferguson dengan karir kepelatihannya (manajerial) bersama klub sepak bola raksasa Manchester united. Mulai dari awal dia datang ke klub Manchester united hingga pensiunnya kini, 26 tahun perjalanan karirnya di klub tersebut. Pada saat kita membaca bab awal buku ini, kita dapat merasakan bagaimana sudut pandang emosional dari sang manajer untuk mengambil keputusan mundur dari dunia manager. Mei 2013 menjadi titik akhir dari pengabdian peraih 20 gelar juara liga Inggris, 2 juara liga Champion, 4 Piala Inggris, 1 Piala Interkontinental, 1 Piala Dunia Klub FIFA, 1 Piala Super Eropa, 10 juara Community Shield. Selanjutnya pada bab bab berikutnya berisi banyak kenangan dan kritikan manajer yang melatih MU selama 20 tahun ini. Buku ini menunjukkan banyak sisi lain dari seorang SAF. Bagaimana ia menangani banyak pemain bintang dengan tegas namun penuh perhatian dan kasih sayang, bagaimana ia begitu melawan terjangan komentar dari pers media inggris dan masih banyak sisi SAF yang harus diketahui pembaca. Saya sebagai peniikmat dunia olahraga dan terutama khususnya pencinta sepak bola, saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca, mengapa demikian? Singkat saja buku ini sangat luar biasa menyentuh memori anda pencinta sepak bola, terutama bagi anda yang menggemari klub Manchester United. Saya merasa buku ini tidak memiliki kekurangan dari segi cerita namun dari segi bahasa mungkin sedikit sukar untuk difahami karena menggunakan istilah dan bahasa yang cukup baku. Demikian resensi saya tentang buku ini jika ada kesalahan penulisan atau informasi harap di maklumi karena penulis masih belajar.


    RESENSI BUKU BIANG INOVASI


    Judul Buku             : Biang Inovasi

    Penulis                     : Yoris Sebastian

    Ukuran                    : 12 x 18 cm

    Tebal                       : 244 halaman

    Harga                      : Rp. 65.000,-

    Terbit                      : Desember 2014

    Penerbit                   : Gramedia Pustaka Utama

    ISBN                        : 978-602-03-0983-5

    TENTANG PENULIS

    Yoris Sebastian (lahir di Ujung Pandang, 5 Agustus 1972; umur 42 tahun) adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang dikenal bergerak dalam bidang industri kreatif. Pada usia 26 tahun, Yoris terpilih menjadi GM (General Manager) Hard Rock Cafe Indonesia, menjadi GM termuda se-Asia dan termuda kedua di dunia. Pada usia 34 tahun, selepas keluar dari Hard Rock, ia mendirikan sebuah perusahaan konsultan kreatif OMG (Oh My Goodness).
    Yoris terkenal dalam hal inovasi dan ide kreatif. Pria yang suka minum air putih ini menunjukkan konsistensinya dalam membuat ide-ide kreatif yang tidak biasa yang dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai berpikir out of the box. Menurutnya, ide kreatif akan segera berkembang bila dimulai dengan hal yang kecil (start small). (dikutip dari Wikipedia)
    ***
    Pada awal saya melihat buku ini, saya sudah tertarik dengan sampul bukunya yang kreatif dan enak untuk dipandang dengan judul biang inovasi dan cover yang berlatar belakangkan teknologi buku ini cukup menarik pribadi saya untuk mulai mengetahui lebih jauh tentang buku yang memiliki tebal 244 halaman ini. Setelah saya baca, buku ini memiliki gaya bahasa yang ringan namun cerdas jadi mudah dipahami oleh pembaca khususnya anak muda. Buku ini membuka pandangan dan memberikan inspirasi bagi anak Indonesia bahwa di Indonesia banyak memiliki sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif, seperti yang dikutip dalam synopsis buku ini Yoris Sebastian berkata “Luar biasa itu bukan saat saya juara di level dunia. Luar biasa itu saat saya melihat orang biasa berkembang jadi juara dunia. Indonesia sebenarnya berlimpah sumber daya manusia, yang kalau diasah dengan benar akan melahirkan banyak inovasi. Lewat buku ini saya berharap lebih banyak lagi anak muda yang menciptakan inovasi tingkat dunia sehingga Indonesia di masa depan akan dikenal sebagai BIANG INOVASI”.
    Meskipun demikian tampilan isi buku ini sedikit terlalu kecil bagi saya entah karena pemilihan fontnya atau karena buku ini memang berukuran kecil, rata ratabuku ini menggunakan tulisan berwarna merah putih dan hitam, penulis buku ini memberikan sedikit inovasi yang berbeda karena pada tiap halaman buku penulis hanya menggunakan huruf ganjil, menurutnya tampil beda dan melakukan yang belum pernah orang pikirkan adalah sebuah inovasi dasar.

    Bagi saya buku ini sangat layak untuk dibaca, malah saya merekomendasikan buku ini untuk para pengusaha muda agar lebih membuka fikiran dan berfikir out of the box. Walaupun begitu buku ini tidak memiliki batasan untuk siapa buku ini ditujukan. Buku ini bersifat universal, siapapun bias membacanya dan menjadikan referensi untuk memulai berinovasi dalam bidang apapun dalam segi kehidupan. Demikian resensi singkat saya kurang lebihnya mohon maaf karena penulis resensi pun masih harus belajar banyak. Salam membaca.

0 komentar:

Posting Komentar