6.27.2013

Tips dan trik mengatasi lelah pada mata akibat komputer

Sebagai internet surfer pasti pernah mengalami kelelahan mata akibat berjam jam duduk dan memandangi layar komputer, tak jarang pula akibat dari kelelahan mata tersebut dapat berakibat fatal. salah satunya daya pengelihatan yang semakin memudar dan harus memakai kacamata. berikut bakal gue share cara mengatasi kelelahan mata akibat komputer.

1. Mengedipkan mataBerkedip sangat penting untuk mata, karena memberikan kelembaban dan mencegah mata dari rasa gatal dan kering. Ketika tengah berfokus memandangi layar komputer Anda, termasuk menatap huruf dan ketikan, atau memainkan game online, tak ada salahnya Anda lebih sering mengedipkan mata.
2. Sesuaikan tingkat kontras & kecerahan layar

Ada baiknya jika Anda mengatur pencahayaan yang terkait brightness dan kontras pada layar komputer atau laptop anda. Anda juga perlu menyesuaikan ukuran huruf (font) layar. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda tak sering-sering memicingkan mata saat menatap layar. Ini akan memberikan mata Anda istirahat agar tidak terlalu bekerja keras memandangi layar.

3. Mengatur pencahayaan ruangan
Pastikan saat menggunakan komputer atau laptop, Anda berada di ruangan terang dengan tingkat pencahayaan yang cukup. Ruangan yang gelap dapat membuat mata Anda lebih cepat lelah dalam menatap layar. Namun ruangan yang terlampau terang pun akan membuat mata Anda tegang karena silau. Terutama, ketika cahaya itu berasal dari sinar matahari siang yang masuk melalui jendela.

4. Istirahat yang cukup
Saat sudah merasa terlalu lama di depan komputer, cobalah beristirahat sejenak dengan melepaskan diri Anda dari meja kerja dan layar komputer. Selain berfungsi untuk membuat mata Anda lebih santai, waktu break ini juga dapat Anda gunakan untuk sedikit melakukan peregangan tubuh untuk mendapatkan sirkulasi darah yang cukup.

5. Memindahkan layar komputerjika layar komputer terletak di tempat yang sempit dan menyudut, ada baiknya jika Anda memindahkannya. Posisikan layar dengan membelakangi area lebih luas. Ini berfungsi saat mata Anda lelah menghadap layar, Anda dapat memindahkan pandangan ke area luas di belakang layar untuk mengurangi ketegangan pada mata.
6. Lakukan senam mata
Anda bisa mencegah atau meminimalisir ketegangan mata dengan senam mata sederhana. Cobalah pandangi objek yang terletak di kejauhan selama beberapa menit, kemudian gosok kedua telapak tangan Anda sampai hangat, lalu tempelkan tangan hangat Anda ke mata. Maka mata Anda akan terasa lebih rileks. Anda juga bisa memejamkan mata Anda sejenak lalu putar leher Anda dengan gerakan perlahan yang seirama. Biarkan Anda menikmati rasa santai itu selama beberapa menit. Selain meminimalisir rasa lelah pada mata, cara ini juga akan menghilangkan rasa nyeri pada bahu Anda.

7. Percikan sedikit air ke mataSelain obat tetes mata, Anda juga bisa memercikkan sedikit air ke mata Anda. Lakukanlah jika mata Anda terasa panas. Biarkan air itu perlahan mengering sendiri di mata, baru kemudian Anda bisa lanjutkan lagi pekerjaan Anda.
8. Lakukan pijatan pada wajah
Anda bisa gunakan selembar handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Secara perlahan gosokkan handuk hangat itu ke pipi, dahi, dan leher Anda. Lanjutkanlah dengan memijat area-area wajah tanpa menggosok mata Anda. Hal tersebut bisa merangsang syaraf di sekitar mata dan menghilangkan ketegangan karena terlalu lama menatap layar komputer.

sekian tips dan trik yang bisa gue share,
salam blogger

0 komentar:

Posting Komentar