1.24.2013

KONDISI KEHIDUPAN UMAT BERAGAMA PADA ERA GLOBALISASI

        Pada kesempatan kali ini saya akan membahas kondisi kehidupan umat beragama pada era globalisasi. ada dua keyword yang menjadi highlight pada pembahasan kali ini, yaitu agama dan juga globalisasi.
        Kata AGAMA berasal dr bahasa sansekerta yang berarti mempunyai tradisi, dalam pengertian bahasa latin adalah religi (religio) berdasar pada kata re-ligare yang artinya mengikat diri kembali atau bisa dibilang mengikat diri kepada tuhan.
       Globalisasi merupakan perkembangan kontemporer yang mempunyai pengaruh dalam mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang emnjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Bisa dibilang bahwa globalisasi membawa perspektif baru tentang konsep "Dunia Tanpa Batas" yang saat ini menjadi realita dan sangat mempengaruhi perkembangan budaya dan membawa perubahan baru.
            Demikian, definisi dari dua kata yang menjadi highlight topik kali ini. kenapa dua kata tersebut? karena jika agama dan globalisasi disatukan dapat menjadi sebuah toleransi yang kuat antar agama, dengan teknologi globalisasi yang diiringi benteng kuat agama dalam hati maka dapat melahirkan insan beragama yang cerdas dan toleran. bagaimana jika globalisasi disalahgunakan? maka akan terjadi perpecahan antar manusia karena tidak adanya toleransi terhadap perbedaan pada manusia. padahal dari perbedaan maka banyak ilmu yang bisa kita peroleh untuk memperkuat keimanan dan mencerdaskan pemikiran.

kesimpulannya adalah, jadilah manusia yang seimbang. karena dapat menjadikan kita selangkah lebih dekat pada kesempurnaan.

0 komentar:

Posting Komentar